9 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Teknik Kimia

 

Menjadi seorang lulusan Teknik Kimia bukanlah soal perkara mudah. Perlu tekad, api semangat hingga keringat darah yang bercucuran dari dalam tubuh untuk menyelesaikan jurusan ini. Terlebih jika anda memilih jurusan teknik kimia pada jenjang yang lebih tinggi seperti D3, D4, S1, S2, ataupun S3 dimana tenaga dan pikiran akan terkuras lebih banyak dari biasanya.

Teknik kimia sendiri merupakan jurusan yang mendalami mengenai ilmu proses pengolahan barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Terdengar gampang bukan? faktanya jauh dari kata demikian. Materi yang dienyam oleh teknik kimia tidak hanya meliputi proses pengolahan saja, melainkan seorang teknik kimia harus mempelajari bagaimana proses tersebut berjalan, kondisi operasi apa yang sesuai dengan proses tersebut,  serta bagaimana dengan bahan dan bahan pendukung yang cocok untuk digunakan. Hal ini tentu akan berbeda jika anda masuk ke jurusan teknik kimia dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu jenjang perkuliahan dimana segala materi yang di pahami menjadi tidak hanya sekedar “Proses pengolahan saja” melainkan juga bagaimana alat tersebut dirancang, bagaimana dengan perhitungan aliran massa dan energi, bagaimana efisiensi dari proses tersebut, dll. Bahkan seorang sarjana teknik kimia untuk mendapatkan gelar S-1nya harus merancang sebuah pabrik kimia lengkap dengan perhitungan aliran massa, energi, biaya, keuntungan, dan alat proses yang digunakan sebagai Skripsi mereka.

Walaupun terdengar sulit namun faktanya teknik kimia memang sulit kok -_-, namun tenang saja jika kamu serius dan mau berusaha semuanya akan baik-baik saja, karena pada dasarnya setiap jurusan memiliki keluh-kesahnya masing-masing. Namun menurut saya jurusan teknik lah yang keluh-kesahnya lebih tinggi.

Bagi siswa SMA sederajat khususnya IPA tak ada salahnya jika memilih jurusan teknik kimia sebagai pilihan jurusan anda saat akan memasuki dunia perkuliahan. Terlebih jika kamu memiliki ketertarikan besar terhadap ilmu kimia. Berikut ada 9 alasan kenapa kamu harus memilih jurusan tekkim/teknik kimia. Check this out :

 

1. Kamu bisa bekerja di perusahaan impian kamu karena Prospek Kerja yang luas

Proses Penelitian

Prospek lapangan pekerjaan teknik kimia itu luas sangat bro. Prospek kerja lulusan teknik kimia bisa meliputi industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat, industri agrobisnis, laboratorium, tenaga pengajar, unit pengolahan limbah, bahkan dunia per-bankan bisa dimasuki oleh seorang lulusan teknik kimia.

2. Karena basicnya kimia sudah tentu kamu mengetahui banyak unsur kimia di Bumi

Kristal Bismut

Pernah dengar tabel unsur periodik dimana segala lambang, nama, dan nilai atom pada semua unsur kimia di bumi tercantum dari tabel tersebut. Dengan kamu menjadi seorang teknik kimia, kamu bisa mengetahui sebagian besar nama-nama unsur tersebut, lengkap dengan maksud dan fungsinya. Sehingga kamu bakal bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan jika ada seseorang yang bertanya.

3. Berhitung akan menjadi kebiasaanmu

Ilustrasi Rumus Matematika

Menghitung dalam teknik kimia sudah biasa dilakukan. Seorang teknik kimia haruslah pandai berhitung, karena pada dasarnya materi teknik kimia khususnya sarjana adalah menghitung seperti menghitung neraca massa, neraca energi, efisiensi suatu alat, dan nilai-nilai lain yang memiliki satuan berbeda. Tentunya hal ini akan membuat dirimu menjadi ahli hitung.

4. Kamu akan bisa merancang sebuah pabrik lengkap dengan pilihan alat, perhitungannya, bahkan hingga simulasi prosesnya

Simulasi Proses Pabrik

Teknik kimia tidak hanya tentang perhitungan atau mengenal proses kimia saja, namun kamu akan diajari beberapa program yang biasa digunakan oleh perusahaan seperti Hysys (Perancang Proses lengkap dengan kondisi operasinya meliputi suhu, densitas, viskositas, dll), Ansys (bisa membuat simulasi proses lho), ms. excel (tidak zamannya membuat data tabel pakai program ms. Excel, seorang mahasiswa teknik kimia akan terbiasa melakukan optimasi dengan ms. excel), Matlab (permodelan matematika), bahkan anda bisa mendalami ilmu design web dan grafis bila kamu lebih berusaha tentunya.

5. Kamu akan sadar bahwa ilmu teknik kimia berada disekitarmu

contoh: Botol Merupakan Produk Hasil Teknik Kimia

Karena yang dipelajari adalah proses bagaimana memproses barang mentah menjadi barang setengah jadi atau jadi. Kamu jadi sadar bahwa produk-produk teknik kimia ada disekitarmu seperti BBM, minyak, produk mandi, serta produk plastik merupakan secelumit contoh produk yang membutuhkan lulusan teknik kimia dalam membuatnya.

6. Kamu bisa menolong banyak Orang bahkan Dunia sekalipun

Pemanfaatan limbah kotoran ternak sebagai energi alternatif

Polemik-polemik isu permasalahan Dunia tentang cadangan energi yang semakin lesu, bahan-bahan yang merusak alam, serta pemanfaatan limbah tak terpakai menjadi produk yang bernilai tinggi dapat kamu terapkan dengan pengaplikasian ilmu teknik kimia yang kamu dapat saat di perkuliahan seperti pembuatan plastik biodegradable, bahan bakar alternatif, bahkan kamu bisa membuat produk sabun atau sampo sendiri dirumah dan mengajari mereka.

7. Kamu bisa berwirausaha dengan menjual produk kimia buatan kamu sendiri

Beragam produk kecantikan yang bisa dibuat sendiri

Kamu bisa membuka lowongan usaha pembuatan sabun mandi, pembersih lantai, minyak atsiri yang kamu ambil dari bahan alam aromatik, produk parfum, pelicin pakaian, hingga minyak kelapa. Semua itu merupakan beberapa contoh produk kimia yang bisa kamu buat dirumah. Bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan dengan begini kamu bisa menciptakan peluang usahamu.

8. Kamu akan banyak tahu tentang alat-alat proses dan instrumen bahkan cara untuk mengoperasikannya yang biasa digunakan dalam analisis bahan/produk

Alat Sokhlet untuk Ekstraksi skala laboratorium

Dalam jurusan teknik kimia kamu akan berhubungan dengan alat-alat proses skala laboratorium ataupun industri seperti Senrifugasi, separator, alat ekstraksi, dll dan tentang instrumentasi yang biasa digunakan untuk menganalisis suatu produk seperti densitometer (densitas), viscometer (Viskositas), AAS (kandungan Logam), BET analyzer (luas permukaan), alat FT-IR (gugus fungsi), alat XRD, GCMS (Gas Chromatogram and Mass Spectrofotometry), HPLC, dll.

9. Kamu bisa menjadi orang yang membawa perubahan besar di Dunia

Dengan usaha yang lebih keras kamu bisa membawa dirimu ketahap yang lebih tinggi dengan bekal ilmu teknik kimia yang kamu dapatkan kamu bisa menjadi seseorang yang bisa melakukan perubahan dalam mengatasi isu dunia menjadi lebih baik.

ke-9 alasan ini bisa menjadi pecut semangat dalam dirimu dan ingat bahwa ke 9 ini bisa kamu dapatkan jika kamu serius, rela berkorban dan berusaha lebih giat. 

via wowcang.com

Bagikan ke teman-teman:

admin

Seorang pegiat sosial media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *